No comments yet

19 Cavic dan Vicaris mengikuti Diklat Sinode GMMI

Departemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sinode Gereja Masehi Musafir Indonesia (GMMI) yang dinahkodai Pdt. Gabriel Anderias Kana, S.Th., M.Min., S.Pd., terus bergerak untuk menjalankan perannya sebagai mentor atau pembimbing bagi calon-calon pemimpin Gereja di masa depan. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya Diklat Calon Vicaris (Cavic) dan Vicaris pada Lingkup GMMI. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 9, 11 dan 12 November 2020 yang mengambil tempat di Aula Kantor Sinode GMMI Nunbaun Sabu, Kupang NTT.

Ketua Departemen Diklat Pdt. Gabriel Anderias Kana, S. Th, M. Min, S. Pd dan Anggota Departemen Diklat Pdt. Istin Hastuti S.Th. bergambar bersama peserta Diklat Cavic dan Vicaris GMMI

Hadir juga sebagai pemateri Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper, A. Hawu Lado, M.Th., yang berbicara mengenai Pemandangan umum tentang GMMI, beliau menyampaikan beberapa hal antara lain: Visi, misi Sinode GMMI, tata gereja GMMI, masa pelayanan Calon Vicaris/tenaga Orientasi yaitu selama 1 tahun, dimana setelah waktu ini dijalani Cavic akan dinilai/dievaluasi oleh Pihak Sinode GMMI, tapi juga mereka diberikan pilihan untuk memutuskan dan mengambil sikap apakah mau melanjutkan ke tahap selanjutnya atau tidak. Sementara itu bagi Vicaris akan menjalani masa pelayanan selama 2 tahun, setelah itu akan dievaluasi dan jika memenuhi syarat, akan dilanjutkan kepada peneguhan Pendeta, yang akan juga didahului oleh tahapan Diklat seperti ini. Pdt. Hawu Lado juga menyampaikan “ke depan kelak kalian akan menjadi pemimpin (seorang role model) untuk itu dalam menjalani masa orientasi dan vikariat ini bukan hanya sebagai suatu formalitas belaka, tapi harus sungguh-sungguh dijalani dengan baik sehingga di masa depan akan menjadi pemimpin yang tangguh dan militan”.

Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper, A. Hawu Lado, M.Th saat menyampaikan materi Diklat

Dalam pelaksanaan Diklat ini beberapa pemateri yang hadir sebagai Narasumber yaitu Pdt. Johanis Khrist Hae, S.Th., M.Pd., menyampaikan materi tentang Informasi Literatur dan juga Pdt. Istin Astuti S.Th., dengan materi Etika dalam pelayanan.

Adapun nama-nama peserta diklat dari Calon Vicaris antara lain :Defrince Sole, S.Th., Dely Emiliana Saketu, S.Th., Dominggus Lisin, S.Th., Dorince Pe, S.Th., Elisabeth Lette, S.Th., Erna Boisala, S.Th., Fifi Peloedon, S.Th., Maruly F. Djami, S.Th., Rima D.W. Bengu, S.Th., Tessyalonika Putri Ayu Bengu, S.Th., Wessly C. Tedju, S.Th., Wimilda A. Kain, S.Th., Yandri Teti, S.Th., Yuni Bara Ria, S.Th. Sementara itu Vicaris yang mengikuti diklat yaitu: Agustinus Kese, S.Th., Dorkas I. Y. Nesimnasi, S.Th., Elsi Fanggidae, S.Th., Miserti Linda Malo, S.Th., Soleman Nitty, S.Th.

Peserta Diklat Cavic dan Vicaris GMMI 2020

Ketua Depatemen Diklat Pdt. Gabriel Anderias Kana, S. Th, M. Min, S. Pd yang ditemui www.sinodegmmi.com menyampaikan beberapa hal yakni; “Tujuan dari kegiatan Diklat ini untuk memperlengkapi Cavic dan Vicaris guna dilibatkan dalam pelayanan sesuai dengan penempatan dari Sinode dengan satu harapan mereka dapat melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan batasan-batasan dalam pelayanan sambil tetap berkoordinasi dengan ketua Majelis dan pihak sinode, dalam hal ini Departemen Diklat dengan mendapatkan laporan hasil pelayanan mereka persemester. Selain itu Bagi Cavic pada masa orientasi ini mereka diberi pilihan setelah usai masa orientasi satu tahun, apakah akan memilih pindah atau lanjut ke jenjang Vicaris. Intinya diklat Cavic dan Vicaris ini adalah guna mempersiapkan mereka terjun dalam pelayanan dengan tata aturan dan batasan-batasan yang harus dikerjakan namun yang terpenting mereka terus membangun komunikasi dengan ketua Majelis sebagai mentor mereka dan atau pihak sinode yang memberi SK agar tetap terpantau pelayanannya. Kemudian Hasil atau output yang diharapkan yakni mereka akan menjadi pelayan-pelayan yang setia, taat, berintegritas, bertanggungjwb dan dapat menjadi teladan selama melaksanakam tugas”.

Masih menurut Pdt. Kana ketika ditanya bagaimana evaluasi selama kegiatan ini berlangsung menyatakan “Mereka sangat antusias dan memiliki semangat dalam pelayanan, hal ini bisa dilihat dalam kesaksian-kesaksian yang disampaikan oleh peserta diklat, yaitu bahwa pilihan untuk melayani adalah Kasih Karunia Tuhan yang didapati dalam pengalaman mereka baik di sekolah Teologi maupun pelayanan lainnya, dan mereka telah membulatkan hati untuk siap ditempatkan dalam pelayanan kedepan selama masa orientasi dan masa Vicariat mereka”. (dep.pelita)

Salah satu peserta melakukan kesaksian saat Diklat Cavic dan Vicaris GMMI 2020 selama melakukan pelayanan di ladang Tuhan.

 

Post a comment

× Chat Via Whatsapp