No comments yet

GMMI HADIRI KONFERENSI GEREJA DAN MASYARAKAT (KGM) PGI 2023 DI PALANGKARAYA KALIMANTAN TENGAH

Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah terpilih menjadi tuan dan nyonya rumah dalam acara Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) 2023 dan berlangsung di Hotel Aquarius Boutique pada Rabu 8 November dan berlangsung hingga 12 November 2023.

Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M. Th bergambar bersama Wakil Ketua Sinode GKS

Acara diawali dengan opening ceremony Konferensi  Gereja Dan Masyarakat Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia dengan pembukaan tari-tarian masyarakat adat Kalteng dari sanggar tari Tut Wuri Handayani, Vokal grup wanita dari GKE Pangarinah dan sebagai tanda acara dimulainya konferensi maka secara resmi dibuka dengan pemukulan Gong sebanyak 3 kali oleh Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, M.Th., didampingi antara lain Ketua PGI Olly Dondokambey, Ketua Umum Sinode GKE Pdt. Simpon F. Lion, SC KGM Agustin Teras Narang, Forkopimda Kalteng, Ketua Panitia, serta Penyelenggara KGM PGI 2023.

Acara Pembukaan didahului dengan pemukulan Gong (foto courtesy dari https://www.instagram.com/pgi.official/?hl=en#

Dalam kegiatan 5 tahunan ini yang menjadi tuan rumah adalah Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Ketua Umum Sinode GKE, Pdt. Dr Simpon F Lion juga mengapreseasi semua pihak yang terlibat dan mengambil bagian dalam konferensi ini.  KGM sendiri terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 silam di Kota Manado Sulawesi Utara. Tema yang diangkat pada Konferensi kali ini adalah “Hiduplah sebagai Terang yang Membuahkan Kebaikan, Keadilan dan Kebenaran (Efesus 5:8b-9)” dan Subtema: “Bersama-sama Mewujudkan Masyarakat Majemuk yang Pancasilais dan Berdamai dengan Segenap Ciptaan Allah.”

Foto bersama Deputi KSP Febry Calvin Tetelepta

Gubernur Sulsel Olly Dondokambey yang juga hadir dalam Konferensi ini berpesan ““Konferensi ini membahas isu-isu penting di tengah masyarakat dan hasil kegiatan konferensi menentukan program -program PGI Kedepannya” jelas Olly Dondokambey.

Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M. Th selaku Ketua Sinode Gereja Masehi Musafir Indonesia (GMMI) menyatakan “sebagai anggota baru dalam organisasi PGI maka kami sebisa mungkin akan tetap mengambil bagian dan turut menyukseskan untuk setiap agenda yang diadakan oleh PGI termasuk konferenci KGM kali ini”, ungkap Pdt. Gatsper. Untuk diketahui bahwa Sinode GMMI mulai bergabung sebagai anggota PGI disahkan dalam Sidang Majelis Pekerja Lengkap-Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPL-PGI) 2023 yang berlangsung sejak tanggal 27-31 Januari 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan menjadi anggota PGI yang ke-96.

Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M. Th bersama Ketua STFT Jakarta Pdt. Prof. Dr. Binsar Pakpahan

Dalam kegiatan Konferensi Gereja dan Masyarakat ini nampak hadir juga Pendeta-pendeta seluruh denominasi gereja yang masuk Anggota PGI dan utusan daerah.

Ketua Sionde GMMI Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M. Th., bersama Ketua Sinode GMIT terpilih Pdt. Samuel Benyamin Pandie, S.Th, di Palangkaraya.

 

(Dep_Pelita)

Post a comment

× Chat Via Whatsapp