No comments yet

KETUA SINODE GMMI HADIRI SIDANG MPL-PGI 2023 DI BALIKPAPAN

GMMI (Gereja Masehi Musafir Indonesia) mengambil bagian dalam Sidang Majelis Pekerja Lengkap – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL-PGI) 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Hal ini ditandai dengan hadirnya secara langsung Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M. Th dalam kegiatan dimaksud.

Sidang (MPL-PGI) 2023 dibuka oleh Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom M.Th., dalam ibadah pembukaan dilaksanakan dengan nuansa budaya Dayak yang kental. Pembukaan Sidang ditandai dengan pemotongan pantan yang dilakukan oleh Pdt. Gomar Gultom didampingi Pdt. Jacklevyn Fritz Manuputty, Sekum PGI; Pdt. Simpon F. Lion, Ketua Umum Majelis Sinode GKE; Majelis Pekerja Harian GKE dan Ketua Pelaksana Sidang MPL PGI 2023. Dalam Sidang MPL-PGI kali ini yang bertindak sebagai Tuan/Nyonya Rumah adalah Gereja Kalimantan Evangelis (GKE).

Pdt. Bambang Widjaja (Ketua PGI) mewakili MPH-PGI, dalam sambutannya menekankan pentingnya menaruh perhatian pada kemajemukan masyarakat dan kasih persaudaraan sesuai Pikiran Pokok Sidang MPL kali ini, yaitu: “Spiritualitas Keugaharian: Mewujudkan Masyarakat Majemuk yang Adil, Damai dan Makmur dengan Kasih Persaudaraan”. Pdt. Bambang Widjaja juga menekankan pentingnya kemajemukan dan kasih persaudaraan di tengah tahun politik menuju Pemilu 2024. “Kita tidak ingin apabila di tahun politik ini identitas menjadi bagian dari percaturan politik atau yang biasa disebut dengan politik identitas. Kita ingin bertekad membangun supaya kita dapat menjadikan tahun politik ini sebagai Pesta Rakyat dan bukan persengketaan  diantara rakyat,” tambahnya.

Sementara itu Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama, Dr. Jeane Marie Tulung S.Th., M.Pd, menyampaikan hal senada tentang pentingnya kasih persaudaran dalam kemajemukan. “Kita menyadari bahwa dalam segala perbedaan dan keragaman, kita senantiasa menyadari pula bahwa justru berbeda dan beragam itu, kita penting untuk menyatu dan bersatu”, kata Jeane.

Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M. Th selaku Ketua Sinode GMMI menyatakan bahwa Kegiatan Sidang ini sangat penting karena GMMI sebagai calon anggota PGI akan menjadi bagian secara resmi dalam dalam keanggotaan PGI Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Peserta Sidang Majelis Pekerja Lengkap – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL-PGI) 2023

Adapun sidang MPL- PGI 2023 ini juga dihadiri pimpinan sinode gereja anggota PGI dan pimpinan PGIW/SAG seluruh Indonesia, Gereja-gereja anggota PGI, calon anggota PGI, mitra PGI, dan sejumlah perwakilan dari lembaga, badan, dan yayasan dalam naungan PGI itu, dilaksanakan di Hotel Menara Bahtera Balikpapan, Kalimantan Timur dan berlangsung dari tanggal 27-31 Januari 2023. (berita courtesy https://pgi.or.id)

Post a comment

× Chat Via Whatsapp