No comments yet

MUPEL GMMI 2022 digelar di Bella Vita Hotel Kupang

Kupang – Rabu, 26 Oktober 2022, bertempat di Bella Vita Hotel Kota Kupang diselenggarakan acara pembukaan MUPEL (Musyawarah Pelayanan) pada tingkat Sinode GMMI (Gereja Masehi Musafir Indonesia). Sidang ini sendiri merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Sinode GMMI dan ini merupakan Sidang terakhir sebelum memasuki masa perhelatan Sidang Raya Sinode GMMI yang diagendakan dilakukan pada bulan Mei 2023 yang akan datang.

Peserta MUPEL tahun 2022

Adapun tema yang diangkat pada MUPEL 2022 ini adalah “Karakteristik Kepemimpinan Transformatif dalam Perspektif Iman Kristen” dasar Firman: Injil Yohanes 13: 1 – 20. Dalam acara pembukaan ini dipandu oleh Pdt. Istin Hastuti, S.Th sebagai Master of Ceremony. Sebelum kegiatan dimulai peserta yang hadir terlebih dahulu melakukan registrasi dan dibagikan materi yang akan dipakai selama berlangsungnya sidang.

Pdt. Istin Hastuti, S.Th sebagai Master of Ceremony

Selanjutnya acara dimulai dengan ibadah dan bertindak sebagai liturgos adalah Pdt. Ribka Ndoen, S.Th. Hamba Tuhan yang melayani dalam ibadah ini adalah Pdt. Damerial Nazara Rewa, S.Th. Dalam hotbahnya Pdt. Dameria Rewa menyampaikan firman yang dikutip dari Injil Yohanes 13:1-20) ada beberapa point yang menjadi penekanan beliau diantaranya bagaimana menjadikan Yesus sendiri yang menjadi pemimpin yang diteladani yakni pemimpin harus memposisikan diri sebagai seorang pelayan, karena posisi itu bukan sebagai sesuatu yang harus dipertahankan tetapi bagaimana kita tetap harus menjaga hubungan antara kita sebagai pemimpin dan umat yang kita pimpin.

Hotbah oleh Pdt. Damerial Nazara Rewa, S.Th

Lebih lanjut Pdt. Dameria Lewa menambahkan “dalam pelayanannya Yesus melakukan segala sesuatu berasal dari hati karena dari sanalah terpancar Kasih” ujarnya. Dalam rangkaian ibadah ini doa syafaat dipimpin oleh Pdt. Magdalena Nggebu, S.Th. dan ditutup dengan doa berkat oleh Pdt. Yahya Keo, S.Th.

Liturgos oleh Pdt. Ribka Ndoen, S.Th

Doa syafaat dipimpin oleh Pdt. Magdalena Nggebu, S.Th

Doa berkat oleh Pdt. Yahya Keo, S.Th

Usai ibadah dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Ketua Panitia pelaksanaan MUPEL GMMI 2022 Pdt. Gabriel A. Kana, S. Th, M. Min, S. Pd yang mengatakan bahwa tema ini dipilih karena “Karakteristik seorang pemimpin itu harus berwibawa, memiliki kompetensi dan mampu menjadi teladan. Dengan adanya pemimpin yang kapabel akan berdampak bagi kemajuan organisasi/gereja, selain itu Yesus sebagai pemimpin selalu mengutamakan kepentingan kemanusiaan dibandingkan dengan rutinitas ibadah yang cenderung hanya formalitas saja” imbuhnya . Pendeta Kana juga menambahkan kepemimpinan transformasi dalam sudut pandang iman Kristen memberikan interpretasi baru bagi setiap pemimpin gereja.

Kata sambutan oleh Ketua Panitia MUPEL GMMI 2022 Pdt. Gabriel A. Kana, S. Th, M. Min, S. Pd

Sebelum mengakhiri sambutannya Pdt. Kana melaporkan bahwa  kegiatan MUPEL 2022 ini akan berlangsung selama 3 hari yakni dari tanggal 26-28 Oktober 2022, jumlah peserta MUPEL  yang terdaftar sebanyak 35 orang yang terdiri dari 20 orang Ketua Majelis, 6 orang Pendeta pendamping, 4 orang Vicaris, 2 orang Cavic, 1 orang bagian sekretariat Sinode, 1 orang sekretaris klasis dan 1 orang Penatua jemaat. Sumber dana yang dibutuhkan demi terselenggaranya kegiatan MUPEL tingkat Sinode GMMI tahun 2022 ini, berasal dari partisipasi peserta.

Sambutan berikutnya oleh Ketua Sinode GMMI: Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M. Th yang menyampaikan beberapa harapan dalam MUPEL kali ini yakni adanya penambahan Departemen Teologi dan dapertemen yang lain sesuai struktur lembaga aras PGI/PGLII, membuat buku sejarah pelayanan GMMI yang penulisannya dimulai dari sejarah gereja-gereja lokal untuk dibukukan secara baik. Pendeta Hawu Lado menambahkan “Kesejahteraan dan kemaslahatan pelayan perlu diperhatikan karena pelayan merupakan ujung tombak dalam suatu pelayanan dan juga kontribusi 10% ke Sinode perlu dinaikkan demi penataan manajemen kemajuan pelayanan Sinode GMMI, selanjutnya seluruh hasil MUPEL ini akan dirangkum dan menjadi bahan rekomendasi sebagai usulan untuk diputuskan dalam Sidang Raya Sinode GMMI 2023 nanti” ujarnya.

Sambutan oleh Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper Anderius Hawu Lado, M. Th

Pada akhirnya Pdt. Hawu Lado menyatakan selamat bersidang kepada semua Peserta MUPEL dan sekaligus membuka sidang ini secara resmi. (Dep_pelita)

 

 

Post a comment

× Chat Via Whatsapp