No comments yet

TIGA VIKARIS DITHABISKAN MENJADI PENDETA GMMI

Kamis 21 Juli 2022 Sinode Gereja Masehi Musafir Indonesia kembali melakukan Penahbisan Pendeta. Peristiwa serupa terakhir dilakukan pada medio Oktober 2020. Adapun perhelatan peneguhan ini berlangsung di GMMI Jemaat Hermon Nunbaun Sabu Kupang, dan yang bertindak sebagai Liturgos yakni Pdt. Balerina Abigail Feoh-Haba, S.Th serta Master of Ceremoninya Pdt. Istin Hastuti, S.Th.

Pendeta penahbis dan Vikaris yang dithabiskan

Ibadah Penahbisan Pendeta ini dipimpin oleh Pdt. Emeritus Onesimus Gumay, M.Th., dalam hotbahnya Pdt. Em. Gumay mengutip dari Kisah Para Rasul 26:16-19 dan 2 Timotius 1:9-12 dan mengambil contoh Rasul Paulus yang mempunyai motto atau komitmen “Untuk Tuhan tidak pernah aku tidak taat”, bahkan Paulus setia sampai mati. Pdt. Em. Gumay juga menekankan beberapa point yang harus diingat oleh para Pendeta yang akan dithabis yakni sebuah akronim SHAPE yang kalau dijabarkan S (Spiritual gift/Karunia-karunia, karena Allah tidak mungkin mengutus kita tanpa karunia-karunia, karena itu peliharalah Karunia yang diberikan oleh Allah), H (Heart) bagaimana mempunyai kepekaan hati sebagai seorang gembala dalam setiap pelayanan, A (Ability), kemampuan yang diperlengkapi oleh Allah sendiri kepada setiap pelayanannya , P (Personality) yaitu kita menunjukkan kepribadian sebagai hamba Allah yang setia dan yang terakhir E (Experience) yaitu pengalaman, dimana kita menggunakan setiap pengalaman yang baik untuk mendukung pelayanan.

Pdt. Emeritus Onesimus Gumay, M.Th., memimpin Ibadah Penahbisan Pendeta GMMI

Acara dilanjutkan dengan prosesi peneguhan tiga orang calon pendeta menjadi pendeta, dalam kesempatan ini Pdt. Emeritus Onesimus Gumay, M.Th. didampingi oleh beberapa hamba Tuhan antara lain: Pdt. Melki Oematan, S.Th., Pdt. Damaris Nazara, S.Th., Pdt. Ribka Ndoen, S.Th., Pdt. Merry Rosalin Bire, S.Th., Pdt. Magdalena Nggebu, S.Th., dan Pdt. Gabriel A. Kana, S.Th. Tiga Vicaris yang dithabiskan yakni : Yitran Soleman Nitty, S.Th., Dorkas Irma Yati Nesimlasi, S.Th., dan Miserti Linda Malo, S.Th.

Berikut adalah data profil tiga calon pendeta yang ditahbis menjadi Pendeta GMMI yang berhasil dirilis website www.sinodegmmi.com :

  1. Nama Lengkap                 : Yitran Soleman Nitty, S.Th.

Tempat tanggal lahir       : Sunraen, 04 Juli 1993

Lulusan (tahun)                 : STTII – 2016

Tempat Vicaris                  : Pos PI GMMI Bait El Kisbaki

Periode Vicariatan           : Tahun 2020 – 2022

Penempatan sekarang  : Pos PI GMMI Bait El Kisbaki

 

2. Nama Lengkap             : Miserti Linda Malo, S.Th

Tempat tanggal lahir   : Sumba Barat, 27 Mei 1993

Lulusan                          : STT Salem Malang

Tempat Vicaris             : GMMI Hala Rote tengah

Periode Vicariatan      : Tahun 2020 – 2022

 

3. Nama Lengkap             : Dorkas Irma Yati Nesimlasi, S.Th.

Tempat tanggal lahir    : Nitneo, 11 Januari 1998

Lulusan (tahun)           : 2019

Tempat Vicaris             : GMMI Pancaran Injil Holain

Periode Vicariatan      : 1 tahun 7 bulan

Penempatan sekarang  : GMMI Pancaran Injil Holain

 

 

Tiga Vicaris yang dithabiskan yakni : Yitran Soleman Nitty, S.Th., Miserti Linda Malo, S.Th. dan Dorkas Irma Yati Nesimlasi, S.Th.

Setelah peneguhan dilanjutkan dengan hotbah sulung oleh Pdt. Miserti Linda Malo, S.Th dengan thema “melayani sebagai hamba yang setia”, diambil dari wahyu 2:10b, dimana jemaat di Smirna dalam pergumulannya yaitu kesusahan dan kemisikinan  diminta untuk tetap setia walaupun dalam keadaan yang sulit untuk memperjuangkan iman mereka. Dalam bahasa aslinya menggunakan kata pisos yang berarti “mempercayai secara penuh”.

Hotbah sulung oleh Pdt. Miserti Linda Malo, S.Th.

 

Pembacaan Surat Keputusan Penetapan Pendeta di lingkup GMMI oleh Sekretaris Umum GMMI Pnt. Ridhon A. Bire, S.Ip.

Dalam sambutannya Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M.Th. mengatakan bahwa momentum penthabisan pendeta adalah peristiwa yang sangat bermartabat, untuk itu diharapkan hamba Tuhan yang sudah dithabiskan pada hari ini bisa menyerahkan dirinya kepada Tuhan untuk melayani dengan setia dan sungguh-sungguh bahkan Pdt. Hawu Lado menekankan beberapa hal penting yakni; “setiap hamba Tuhan harus berprinsip bahwa mereka adalah pelayan yang tugasnya melayani, bukan dilayani. Untuk itu perlu memperhatikan beberapa hal antara lain; melayani dengan sepenuh hati, melayani dengan setia, melayani dengan rendah hati dan melayani dengan penuh kasih” imbuhnya.

Sambutan oleh Ketua Sinode GMMI Pdt. Gatsper A. Hawu Lado, M.Th.

Marthen Luther Nenobais S.Pd., yang mewakili Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Kristen Kanwil Kemenag NTT menitipkan pesan kepada ketiga pendeta yang baru dithabis “semoga para hamba Tuhan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sumber daya dan iman jemaat, juga marilah kita menjaga toleransi antar umat beragama dan menjunjung tinggi rasa humanisme” kata Nenobais dari Kanwil Kemenag NTT.

Marthen Luther Nenobais S.Pd., yang mewakili Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Kristen Kanwil Kemenag NTT

Sementara itu Ketua Departemen Diklat Sinode GMMI Pdt. Gabriel Anderias Kana, S. Th, M. Min, S. Pd. Yang bertindak sebagai lokomotif dalam setiap pergerakan pelayanan dan pembekalan hamba Tuhan dilingkup GMMI menyatakan sangat bersyukur bahwa peristiwa ini dapat terlaksana dengan baik, mulai dari proses vikariatan, pembekalan pengembalaan penthabisan lewat diklat sampai dengan acara penthabisan saat ini berjalan baik karena dukungan berbagai pihak. Dep_Pelita

Ketua Departemen Diklat Sinode GMMI Pdt. Gabriel Anderias Kana, S. Th, M. Min, S. Pd.

Post a comment

× Chat Via Whatsapp